Sejarah Bola Hari Ini; Andy Cole Hajar Liverpool Dengan Hat-Trick


Andy Cole menggetarkan dunia sepakbola kala menjebol gawang Liverpool tiga kali saat membela Newcastle United pada musim 1993/94.

Penggemar sejati Liga Primer Inggris khususnya Manchester United , pasti mengenal pesepakbola satu ini. Posisinya adalah striker, gemar mengenakan no.9 di setiap klub yang dibelanya, dan merupakan striker pembunuh sejati. Ya, dialah Andrew Alexander Cole atau lebih dikenal dengan nama Andy Cole.
21 tahun lalu atau tepatnya pada 21 November 1993, pria yang sejatinya lebih suka dipanggil "Andrew" ketimbang "Andy" itu mendadak jadi buah bibir berkat aksi sensasionalnya di matchday 12 Liga Primer Inggris 1993/94. Cole secara luar biasa tampil sebagai bintang utama kemenangan Newcastle United atasLiverpool , lewat skor telak 3-0!
Tak main-main karena pemain yang kala itu masih berusia 22 tahun mencetak kesemua gol di babak pertama, dan hanya dalam tempo waktu setengah jam saja. Gelontoran gol itu terjadi di menit kelima, 16, dan 30.
Performa hebat itu jadi penanda kejutan besar yang dilakukan The Magpies yang berstatus sebagai tim promosi di musim tersebut. Berkat sumbangsih 34 gol dari 40 penampilan Cole musim itu, Newcastle sukses mengakhiri musim di posisi tiga klasemen akhir.
Mereka berhak lolos ke turnamen Piala UEFA dan King Cole dipilih FA sebagai pesepakbola terbaik musim 1993/94. Pada Januari 1994 Cole akhirnya meninggalkan St. James Park dan mulai mengukir kisah hebatnya bersama Manchester United.

OLEH   AHMAD REZA HIKMATYAR        Ikuti di twitter

0 komentar:

Posting Komentar

    Sponsor

    Bikin Toko Online? Disini Aja!