Sejarah Bola Hari Ini; 23 Tahun Lalu Davor Suker Memulai Petualangannya


23 tahun lalu Suker memulai petualangannya di Spanyol bersama Sevilla.


Loyalis SevillaReal Madrid, dan Arsenal pasti tidak asing lagi dengan nama legenda sepakbola satu ini, Davor Suker, penyerang tajam yang sekarang berkarir sebagai presiden Federasi Sepakbla Kroasia.
Suker memulai karirnya di Osijek pada 1984 sebelum bergabung ke Dinamo Zagreb pada 1989 dan sejatinya mulai mencuri perhatian mata dunia setelah bermain di La Liga bersama Sevilla pada 1991 dan tepat hari ini 23 tahun lalu sang legenda mencatatkan debut di Spanyol dengan memasuki lapangan dari bench saat timnya bermain imbang 1-1 dengan Espanyol.
Pada pertandingan berikutnya, Suker dipercaya menjadi starter melawan Real Sociedad dan mencetak dua gol yang menghindarkan timnya dari kekalahan (2-2).
Di musim perdananya Suker hanya mencatat enam gol dari 22 penampilan namun jumlah tersebut meningkat di musim selanjutnya menjadi 13 gol dari 33 pertandingan. Torehan tersebut memang tidak bisa dibilang fenomenal namun satu musim kemudian (1993/94) Suker bertransformasi menjadi salah satu pemain terbaik di La Liga usai mengemas 24 gol dari 34 pertandingan, hanya terpaut enam dari Romaria yang menjadi topskor.
Musim panas 1996 Suker jatuh ke pelukan Real Madrid dan menjadi salah satu pilar tim dengan sumbangan 24 gol dari 38 penampilan, terbaik ketiga di daftar pencetak gol terbanyak saat itu di belakang Ronaldo dan bintang Real Betis Alfonso Perez. Di musim sama, Suker mencatat tiga hat-trick yang menghadirkan pesta juara liga di Santiago Bernabeu.
Berkostum Blancos selama tiga musim, Suker mencatat 86 pertandingan dengan kontribusi 38 gol lalu hijrah ke Inggris berkostum Arsenal dan West Ham United sebelum menutup karir bersama tim Jerman 1860 Munich pada 2003.

0 komentar:

Posting Komentar

    Sponsor

    Bikin Toko Online? Disini Aja!