Real Madrid melanjutkan tren positif dengan menghabisi tuan rumah Levante 5-0 di Ciutat de Valencia pada pertandingan jornada 8 La Liga, Sabtu (18/10).
Kemenangan kelima berurutan -- delapan di semua ajang -- ini melejitkan El Real ke peringkat keduaklasemen sementara, hanya berjarak satu poin di bawah Barcelona.
Namun, konstelasi tersebut masih mungkin berubah lagi mengingat Barca, juga Valencia dan Sevilla, yang semula di atas Madrid, belum bermain.

Babak Pertama
Madrid langsung tampil menggebrak dan telah menebar marabahaya saat waktu menuju menit kelima. Aktornya tak lain dan tak bukan adalah sang megabintang Cristiano Ronaldo.
Menerima sebuah umpan, Ronaldo melakukan cut in sebelum melepas tembakan kencang yang meleset tipis di samping gawang Levante. Hanya dua menit setelahnya, kapten timnas Portugal itu kembali melesatkan tendangan yang masih melebar.
Gagal dalam dua percobaan pertama, Ronaldo tak perlu menunggu lama untuk memberikan keunggulan buat Madrid. Di menit ke-13 tim tamu memperoleh hadiah penalti seiring pelanggaran Juanfran pada Javier "Chicharito" Hernandez.
Ronaldo, seperti biasanya, maju sebagai algojo dan dengan mantap memperdaya kiper Diego Marino di bawah mistar tuan rumah.
Levante menunjukkan respons bagus guna mengejar ketertinggalan. Setelah upaya Ruben Garcia dan Pape Kouli Diop gagal menemui target, Levante hampir menyamakan kedudukan pada pertengahan babak pertama lewat tandukan akurat Hector Rodas dari situasi tendangan penjuru. Beruntung bagi Madrid, Luka Modric berada di posisi tepat untuk menyapu bola sebelum masuk.
Di saat Levante tengah asyik menekan Madrid, mereka kecolongan gol kedua tujuh menit sebelum interval. Umpan silang James Rodriguez dari kanan dituntaskan dengan sempurna oleh kepala Chicharito.

Babak Kedua
Sempat berlangsung datar, duel babak kedua akhirnya lebih hidup setelah Ronaldo memperoleh peluang pertamanya pascaturun istirahat. Tembakannya kali ini kandas oleh penyelamatan gemilang Marino.
Eks penggawa Manchester United itu toh tak bisa dibendung Marino untuk mencetak gol keduanya tak lama usai laga melewati sejam. Mendapat bola di sisi kiri, CR7 berpenetras ke dalam kotak dan melewati sejumlah tekel sebelum menggetarkan jala Levante dengan sepakan kerasnya.
Cuma selang lima menit, Madrid sukses mengubah skor menjadi 4-0. Giliran James menjadi protagonis usai mengontrol umpan lambung Toni Kroos dengan dadanya dan mendentumkan tendangan voli ke gawang tuan rumah.
Marino membuat penyelamatan penting untuk memastikan timnya tidak kebobolan lebih jauh pada seperempat jam laga dengan menghentikan upaya jarak dekat Luka Modric.
Kendati demikian, sang kiper pada akhirnya tak bisa berbuat apa-apa guna mencegah Isco masuk papan skor delapan menit sebelum laga rampung.

STATISTIK PERTANDINGAN
OLEH    DEDE SUGITA  | goal.com | EDITOR  Bayuk